Friday, April 13, 2007

MEMBANGUN SEKOLAH BUDDHIS FAVORIT

Minggu Tanggal 8 April 2007 di Mega Glodok Kemayoran diadakan Seminar mengenai MEMBANGUN SEKOLAH BUDDHIS FAVORIT DALAM 3 TAHUN dengan pembicara Herman Kwok, Ponijan Liaw, Tommy Siawira.

Dari ketiga pembicara diatas yang benar-benar murni orang pendidikan adalah Mr. Ponijan Liaw, tetapi dua pembicara lainnya juga tidak kalah kwalitasnya. Pada saat itu dijabarkan kelemahan sekolah-sekolah Buddhis dan kelebihannya.

Kelemahan yang paling mendasar dari sekolah-sekolah Buddhis yang ada sekarang yang saya lihat adalah :
1. Minim Fasilitas, seperti sarana olahraga, lab komputer, dan fasilitas internet
2. Dikelola dengan cara yang tradisional, tidak beradaptasi dengan kemajuan jaman yang ada sekarang ini, contoh; hanya sedikit Sekolah Buddhis yang memiliki website dan menggunakan websitenya tersebut sebagai sarana promosi dan administrasi sekolah.
3. Kurangnya sokongan dana, sehingga lebih sulit bergerak, contoh sekarang ini sekolah-sekolah kristen sudah menerapkan internet sebagai pelajaran wajib, kita sekolah-sekolah Buddhis masih memikirkan bagaimana koneksi ke internet. Bukan mengaplikasikannya!

Kelebihan sekolah Buddhis :
1. Dapat mewarisi nilai-nilai luhur dari tradisi Tionghoa
2. Tidak menghilangkan tradisi Tionghoa
3. Boleh pasang hio untuk menghormati leluhur kita yang telah meninggal dan juga untuk memuja Buddha.
4. Menanamkan sejak dini makna KARMA, siapa menabur benih pasti menuai buah

Dari hal tersebut diatas maka jika para pengambil keputusan mau mengembangkan sekolahnya maka saya yakin dan percaya bahwa Sekolah Buddhis dapat menjadi favorit dalam waktu yang cepat.

No comments: