Monday, May 07, 2007

KOMENTAR TENTANG SEKOLAH SARIPUTRA
Jl. Hayam Wuruk No 125Jakarta Barat

Saya adalah alumni Sekolah Sariputra dari SD sampai SMP dalam hal ini saya ingin memberikan komentar tentang manajemen pendidikan yang begitu "buruk" dari sebuah sekolah sehingga menuju kehancuran, patut kita ambil hikmah dan pelajaran dari kejadian Sekolah Sariputra.
Sekolah Sariputra adalah sekolah yang sangat disegani dari jaman ibu saya bersekolah. sekarang usia ibu saya sudah 65 tahun.Beliau bersekolah di Sekolah Sariputra yang dahulu bernama "SHIN HOA ENGLISH SCHOOL" bahkan ayah dan ibu saya memiliki awal pertemuan yang indah disana.

Dahulu belum banyak sekolah swasta di Jakarta, bahkan alumni Sekolah Sariputra sudah banyak yang menjadi orang sukses diantaranya JO PRIASTANA salah satu petinggi Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda, JUSMAN Kepala Sekolah Menengah Atas TRI RATNA, SUSI KURNIAWATI KOMALA Pengusaha dan sebagainya.

Saya ingin berbagi pengalaman yang saya dapati selama saya bersekolah di Sekolah Sariputra. Saat pertama kali bersekolah di Sekolah Sariputra kelas I SD masih teringat dengan jelas Saya datang sangat pagi-pagi sekali dan dengan semangat bersekolah yang tinggi, kemudian pertama kali memasuki kelas saya masih teringat banyaknya jumlah murid sekitar 40an dalam 1 kelas, saya duduk paling belakang dan guru saya adalah IBU SIOK.

Waktu terus berlalu sehingga saya remaja memasuki jenjang pendidikan SMP, nah pada saat SMP inilah saya menyadari bahwa ada banyak yang tidak beres dengan Sekolah Sariputra, bukan bermaksud mencari kambing hitam dan mendiskreditkan seseorang, apalagi untuk melecehkan seorang guru yang sangat berjasa kepada saya.

Kejangalan yang ada adalah :
  1. Guru memberikan les tambahan, jika tidak maka murid akan mengalami nilai jelek dan tidak mengerti apa yang diajarkan, karena dikelas guru tersebut mengajar dengan sangat cepat dan tanpa kompromi.
  2. Terlalu sombong dan arogansi beberapa orang guru, contoh; ada guru yang menganggap murid hanyalah manusia rendah dan tak pantas berkomunikasi dengan si guru.
  3. Larangan mempergunakan lapangan basket, di lapangan basket yang seharusnya dipergunakan untuk oleh raga diisi dengan parkir mobil. Bahkan ada mobil yang sengaja diparkir tepat di bawah ring basket!(gila khan?) apa maksudnya coba??
  4. Mungkin karena jenuh tidak menguasai bahan ajar, ada guru yang ngantuk pada saat mengajar.!
  5. Guru yang memiliki dedikasi dan prestasi yang baik tidak dipertahankan, bahkan diacuhkan sehingga Sekolah Sariputra mengalami penurunan kwalitas guru.
  6. Ada guru yang secara sadar dan terang-terangan merokok di dalam kelas pada saat pelajaran berlangsung!

Terlalu banyak kesalahan-kesalahan manajemen pendidikan yang diperlihatkan Sekolah Sariputra menurut saya. Saya sebagai alumni Sekolah Sariputra merasa prihatin karena kabar terakhir bahwa Sekolah Sariputra akan tutup. Oleh karena itu Para Petinggi sekolah dan pemerhati pendidikan semestinya dapat memetik pelajaran yang berharga dari pengalaman sekolah Sariputra. Sekolah Sariputra boleh tutup atau berganti nama tapi kenangan indah selalu di hati saya.Selamat jalan SEKOLAH SARIPUTRA.!

6 comments:

Anonymous said...

Yth Sdr Miko, salam kenal dari Saya Ir. Udayana PhD.

Izinkan saya memperkenalkan diri. Saya salah satu jebolan Sekokah Sariputra. Saya sekolah disini dari SD(1962) s/d SMP(1971), kemudian pindah ke SMAK1 Pintu Air. Anda benar 100% sekolah ini dikuasai oleh satu keluarga dengan management keluarga. Masa saya sekolah sudah terjadi korupsi dan mismanagement. Salah satu alasan kenapa saya pindah ke SMAK1 pintu air adalah prestasi sekolah Sariputra ini sudah begitu substandard sehingga alumnusnya sulit melanjutkan ke universitas negeri di Indonesia. Jadi tidak heran dari tahun ketahun murid2nya semakin sedikit. Pada akhirnya menjadi tidak populer dimata calon murid. Saya masih ingat hanya 2 orang yang berhasil pindah ke sekolah favorit dari sekian lulusan SMP waktu itu, saya dan satu kawan. Saya pindah ke SMAK1 Pintu Air, kawan satunya pindah ke SMAK4 Gunung Sari. Setelah SMA selesai saya kuliah di Univ Indonesia dan temen satunya kuliah di ITB, kami diwisuda dari perguruan tinggi di tahun 1979. Sampai disini saja, nanti kita sharing lagi.

Anonymous said...

Salam hangat untuk Bapak Ir. Udayana PhD. senior saya.

Bapak sudah 52 tahun kalau saya tidak salah hitung, pak, maaf saya rasa bapak seangkatan ibu saya, Lim Lian Nie atau Bapak Jusman Kepala SMA Tri Ratna?

Tapi tidak jadi soal, yang penting biar bagaimanapun terlalu banyak kenangan indah untuk dilupakan semasa bersekolah di Sariputra.

Sangat sedih rasanya melihat "rumah kedua" saya tutup.

Itulah, Buddha mengajarkan "Anicca" artinya segala sesuatu tidak kekal, ada pertemuan ada perpisahan. Tetapi hanya ada satu yang kekal yaitu CINTA.

Salam untuk keluarga Bapak Ir. Udayana PhD.

Dari Miko Raharja, SE

Anonymous said...

halo pak Miko, salam kenal , nama saya adalah Neneng Ferrier

saya juga pernah sekolah di Sariputra,..waktu si SMP guru bahasa saya adalah pak CUCU, guru pekerjaan tangan saya adalah ibu Ciong, guru aljabar saya adalah Sen To An, sedangkan sewaktu SD saya guru saya adalah ibu Kho Kim Lan,saya lupa tahun brapa waktu iti mungkin sekitar tahun 1964 ???

ingin sekali bisa berjumpa atau kontak mungkin melalui facebook ? dengan teman teman sekelas waktu itu .

saya juga mempunyai kenangan yang indah indah di sekolah Sariputra.

Salam Budhaya.
Neneng

Anonymous said...

Telah Meninggal dunia Bpk Budiwan ex. tata usaha sekolah sariputra hayam wuruk pada 18 Juni 2012 siang dan disemayamkan di rumah duka Jabar Agung jelambar....dan akan dikremasikan pd hari rabu 20 Juni 2012....beri tahu yang lain.... terima kasih...

micha said...

Saya juga murid ibu siok di kelas 1 dulu sekitar tahun 86-87.sekolah di sarput cuma sampai kelas tiga. pindah karena pindah rumah ke selatan.

kangen sama sariputra, temen2 yang menghilang entah kemana. nyari di FB ga ada, grup juga hilang

Unknown said...

Saya murid angkatan tahun 82....saya nyari teman teman search di google kagak ketemu..adakah ikatan alumi sariputra saat ini?ada yg bisa bantu ?ingat waktu sma disana !
Semoga bisa ketemu bersua dgn teman teman sma sariputra tahun 82