Saturday, September 15, 2007

Seminar “Unleash your Inner Power” 6-7 Juli 2007

Di Tri Puri Meru – Cipanas – Puncak



Seminar 2 hari yang diadakan oleh BKPB (Badan Koordinasi Pendidikan Buddhis) yang mengundang Mr. Andrew Ho sebagai pembicara utama sekaligus master trainner dalam acara ini sangat menakjubkan.


Seminar ini dihadiri oleh pemimpin sekolah-sekolah Buddhis yang ada di Indonesia, kami dari Sekolah Tri Ratna diwakili oleh saya sebagai Wakil Bidang Kesiswaan SMK dan Bapak Tri Amiro bagian tata usaha SMK.


Di sana kami dilatih untuk bagaimana membangkitkan potensi yang ada pada diri kami, potensi yang luar biasa terpendam dan selama ini terbelenggu oleh pikiran kita masing-masing.


Hari pertama merupakan hari terberat, karena kami tidak diperbolehkan memegang handphone dan jam tangan kami. Banyak cara yang dilakukan master trainning kami yaitu Mr. Andrew Ho di dalam melatih kami. Salah satunya adalah kami dilatih meneriakkan kata-kata “Saya pasti sukses”.


Teman sekamar saya adalah Bapak Gunananda, Direktur Sekolah Surya Dharma. Beliau banyak memberikan saya masukkan-masukkan mengenai bagaimana menerapkan nilai-nilai Buddhis di sekolah.


Ada hal menarik ketika diadakan games dengan dua orang berpasangan, masing-masing ditutup matanya dan yang satunya lagi diberikan gendongan tangan seolah-olah tidak mempunyai mata dan tangan kanan. Kami berdua diharuskan bekerja sama, bersama-sama makan siang dan membereskan pakaian.


Pikiran manusia terbagi menjadi 2 bagian yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, pikiran sadar adalah pikiran yang kita gunakan dalam keadaan sadar, sedangkan pikiran bawah sadar merupakan storage atau tempat penyimpanan memori yang memiliki pengaruh yang sangat dahsyat. Contoh : Pernahkah anda memikirkan ingin bangun pagi jam 3 atau 4 dinihari karena akan berangkat ke luar kota atau ingin menonton bola? Jika belum cobalah anda lakukan sebelum anda tidur dengan memikirkan dalam pikiran lalu konsentrasi, katakan dalam diri anda bahwa besok saya harus bangun jam 4 pagi, lalu pergilah tidur, perhatikan apa yang terjadi keesokkan harinya? Anda pasti bangun jam 4 pagi. Sebuah kebetulankah…? Bukan…! Itu berarti anda telah menggunakan alam pikiran bawah sadar anda untuk bangun jam 4 pagi.


Mr. Andrew Ho mengajarkan kami untuk menggunakan pikiran bawah sadar kami untuk membuka potensi yang ada dalam diri kami masing-masing untuk mengembangkan sekolah-sekolah buddhis.


Satu hal yang saya salut terhadap beliau adalah, beliau merupakan sosok pribadi yang tegas dan disiplin, baik dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, dan juga beliau mengajarkan kepada kami bahwa segala sesuatu harus dilakukan dengan cara yang positif, karena apabila segala sesuatu dilakukan dengan cara positif, maka hasil yang kita dapat akan positif pula.


Sukses untuk anda Mr. Ho. Salam dari Sekolah Buddhis Tri Ratna..

No comments: